Blog Belajar Mengajar Blog Belajar Mengajar
Headlines News :

Artikel Terbaru

Kamal dan Kunang-Kunang



Pada malam musim panas, Kamal dan keluarganya biasa menyantap makanan malam mereka di taman. Suatu malam di musim panas, ketika mereka bangkit dari meja, Kamal melihat seberkas cahaya timbul tenggelam di antara pepohonan di sisi taman. Ia pergi mendatangi pohon-pohon itu untuk melihat apa yang terjadi. Dilihatnya seekor serangga terbang melintas dengan cepat. Serangga itu sangat berbeda dengan yang biasa dilihatnya di siang hari. Serangga kali ini memancarkan sinarnya ketika terbang.

Serangga itu berhenti terbang untuk beberapa saat, dan mendatangi Kamal. “Halo, “ katanya. “Kamu kelihatan terkejut. Kamu sudah memperhatikan aku cukup lama. Namaku Kunang-Kunang. Namamu siapa?”

“Namaku Kamal. Kamu benar, aku belum pernah melihat serangga yang bekerdipan dengan sinar seperti kamu. Sinar hijau kekuningan memancar dari tubuhmu. Aku teringat ketika aku menyentuh sebuah bola lampu, tanganku terbakar. Apakah cahaya yang keluar dari tubuhmu itu tidak melukaimu?”

Kunang-kunang itu mengangguk. “Kamu benar, Kamal, waktu kamu katakan bahwa lampu menjadi sangat panas ketika memancarkan cahaya. Bola lampu menggunakan tenaga listrik untuk menghasilkan cahaya, sebagian tenaga listrik itu berubah menjadi panas. Itulah yang menyebabkan lampu menjadi panas. Tetapi, kami tidak mengambil energi luar untuk cahaya yang dipancarkan oleh tubuh kami.”

Kamal pikir ia mengerti. “Jadi, itu berarti kamu tidak menjadi panas?” ia bertanya.

“Itu betul,” kunang-kunang setuju. “Kami menghasilkan sendiri energi kami, dan kami gunakan energi ini dengan sangat hati-hati. Itu berarti, tak sedikitpun energi terbuang, dan energi itu tidak menghasilkan panas yang bakal melukai tubuh kami.”

Kamal menimbang sejenak, “Wah, itu betul-betul sistem yang dipikirkan dengan cerdik.”

“Ya, memang,” temannya setuju. “Ketika Allah menciptakan kami, Ia merencanakan segala sesuatu yang kami perlukan dalam kemungkinan cara yang terbaik. Ketika kami terbang, kami mengepakkan sayap sangat cepat. Tentu saja, itu adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak energi. Namun karena cahaya kami tidak banyak menggunakan energi, kami tidak punya masalah dengan itu.”

Kamal punya hal lain yang ingin ditanyakannya. “Untuk apa cahaya yang kalian pancarkan?”

Temannya menjelaskan: “Kami menggunakannya untuk menyampaikan pesan di antara kami, juga untuk melindungi diri kami sendiri. Ketika kami ingin mengatakan sesuatu satu sama lain, kami berbicara dengan mengedip-ngedipkan cahaya kami. Pada saat yang lain, kami memanfaatkannya untuk menakut-nakuti musuh kami, dan mengusir mereka dari kami.”

Kamal sangat terkesan dengan apa yang telah dikatakan temannya pada dirinya. “Jadi, apapun yang kamu perlukan ada di dalam tubuhmu, sehingga kamu tidak perlu berlelah-lelah!”

“Itu benar,” kunang-kunang setuju. “Bertentangan dengan semua upaya terbaik mereka, para cendekiawan belum berhasil mengembangkan sebuah sistem yang persis seperti kami miliki. Seperti yang telah kukatakan sebelumnya, Allah menciptakan kami dengan cara yang paling indah, dan dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kami, persis seperti semua makhluk hidup lainnya.”

Kamal tersenyum. “Terimakasih. Apa yang sudah kamu ceritakan padaku sungguh menarik. Aku sekarang menyadari apa makna ayat yang kubaca kemarin, “Maka, apakah (Allah) yang menciptakan itu sama dengan yang tidak dapat menciptakan (apa-apa)? Maka, mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?’ (Surat an-Nahl: 17). Ketika kamu pikirkan diri sendiri, juga semua makhluk hidup yang telah diciptakan Allah, ada banyak sekali contoh untuk diambil hikmahnya!!”

“Ya, Kamal, setiap makhluk hidup adalah bukti keutamaan seni penciptaan Allah. Kini, kapanpun kaulihat sesuatu, kamu akan mampu memperhatikannya. Sekarang, aku harus pergi. Tapi, jangan lupa dengan apa yang pernah kita obrolkan!”

Kamal melambaikan tangan kepada temannya. “Senang sekali bertemu denganmu. Mudah-mudahan aku bisa melihatmu lagi ...”

Dalam perjalanan pulang, merenungkan rancangan kunang-kunang yang begitu menakjubkan, Kamal ingin segera memberitahu keluarganya tentang percakapannya dengan teman kecilnya.

Ialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling Baik. Bertasbih kepadaNya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Surat Al Hasyr: 24).

Laut Merah terletak di antara dua gurun pasir. Tak ada sungai ataupun air segar yang mengalir. Dengan kata lain, tidak ada pertukaran oksigen atau nitrogen. Normalnya, laut seperti ini akan menjadi gurun tandus seperti daratan yang mengelilinginya. Namun, di Laut Merah terdapat beranekaragam koral. Koral-koral yang mampu hidup di tempat ini, kendati berada dalam kondisi-kondisi sulit, dapat melakukan hal tersebut karena simbiosis (yaitu, cara hidup berdampingan dengan makhluk hidup lainnya) yang mereka bangun dengan makhluk-makhluk lain yang menyerupai tanaman, disebut alga (algae). Alga menyembunyikan diri dari musuh-musuhnya di dalam karang-karang koral, dan menggunakan sinar matahari untuk berfotosintesis. Gaya hidup yang harmonis dari kedua makhluk ini merupakan bukti lain dari keajaiban penciptaan Allah.

Asad dan Kupu-Kupu Warna-Warni


Di akhir pekan, Asad berkunjung ke kakeknya. Dua hari berlalu begitu cepat, dan sebelum Asad mengetahuinya, Ayahnya telah tiba untuk membawanya pulang. Asad mengucapkan selamat tinggal pada kakeknya dan duduk di dalam mobil. Ia melihat keluar jendela, menanti Ayahnya mengumpulkan barang-barangnya. Seekor kupu-kupu hinggap di sebuah bunga tak jauh darinya, mengibaskan-ngibaskan sayap, dan terbang ke jendela mobil.

“Kamu mau pulang ke rumah, Asad?” tanya kupu-kupu itu dengan suara kecil.

Asad sangat terkejut. “Kamu tahu siapa diriku?” tanyanya.

“Tentu saja aku tahu,” senyum kupu-kupu mengembang. “Aku mendengar kakekmu menceritakan dirimu pada tetangga-tetangga.”

“Mengapa tidak dari dulu kamu datang dan bicara denganku?” Asad ingin tahu.

“Aku tak bisa, karena aku berada dalam sebuah kepompong di atas pohon dalam taman,” kupu-kupu itu menjelaskan.

“Sebuah kepompong? Apa itu?” tanya Asad, yang senantiasa ingin tahu.

“Mari kujelaskan semua dari awalnya,” kata kupu-kupu itu sambil menghirup udara dang-dalam. “Kami, kupu-kupu, menetaskan telur menjadi ulat-ulat kecil. Kami memberi makan diri kami dengan mengerumuti dedaunan. Kemudian, kami gunakan cairan yang keluar dari tubuh kami seperti benang, dan membungkus diri kami di dalamnya. Bungkusan kecil hasil tenunan kami disebut sebagai sebuah kepompong. Kami menghabiskan waktu beberapa lama di dalam bungkusan itu sambil tumbuh berkembang. Ketika kami bangun dan keluar dari kepompong, kami mempunyai sayap-sayap cerah berwarna-warni. Kami menghabiskan sisa hidup kami dengan terbang dan memberi makan diri kami dengan bunga-bungaan.”

Asad mengangguk-angguk penuh pemikiran. “Maksudmu, semua kupu-kupu berwarna-warni itu dulunya adalah ulat-ulat, sebelum mereka menumbuhkan sayap?”

“Bisakah kau lihat ulat hijau di cabang itu?” tanya kupu-kupu.

“Ya, aku melihatnya. Ia sedang menggerogoti daun dengan kelaparan..”

“Itu adik lelakiku,” kata ulat bulu itu tersenyum. “Beberapa waktu lagi ia akan menenun sebuah kepompong, dan suatu hari akan menjadi kupu-kupu seperti aku.”

Asad punya banyak sekali pertanyaan yang ingin diajukannya pada teman barunya. “Bagaimana caramu merencanakan perubahan ini? Maksudku, kapan kamu keluar dari sebuah telur, berapa lama kamu menjadi seekor ulat bulu, dan bagaimana kamu membuat benang untuk menenun kepompongmu?”

“Aku tidak merencanakan apapun,” kupu-kupu itu dengan sabar menjelaskan. “Allah telah mengajari kami apa yang perlu kami lakukan, dan kapan kami harus melakukannya. Kami hanya bertindak sesuai dengan kehendak Allah.”

Asad benar-benar terkesan. “Pola-pola di sayapmu sangat indah. Semua kupu-kupu memiliki corak yang berbeda-beda, bukankah begitu? Mereka betul-betul berwarna-warni dan menarik perhatian!”

“Itulah bukti kesenimanan Allah yang tak tertandingi. Ia menciptakan kita satu demi satu, dengan kemungkinan cara yang paling indah,” temannya menjelaskan.

Asad menyetujuinya dengan antusias: “Tidak mungkin kita mengabaikan hal-hal indah yang telah Allah ciptakan. Ada ratusan contoh di sekeliling kita!”

Kupu-kupu setuju: “Kamu benar, Asad. Kita mesti berterimakasih pada Allah atas segala berkah ini.”

Asad melihat ke arah punggungnya. “Ayahku datang. Tampaknya kami akan segera berangkat. Luarbiasa sekali bisa bertemu denganmu. Bisakah kita berbicara lagi ketika aku datang minggu depan?”

“Tentu saja,” kupu-kupu mengangguk. “Semoga selamat di perjalanan sampai ke rumah.”
 
سُوۡرَةُ الحَدید
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ‌ۖ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡحَكِيمُ (١)

Segala sesuatu di langit dan bumi memuja Allah ... (Surat Al-Hadid, 1)
 
سُوۡرَةُ فَاطِر
أَلَمۡ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً۬ فَأَخۡرَجۡنَا بِهِۦ ثَمَرَٲتٍ۬ مُّخۡتَلِفًا أَلۡوَٲنُہَاۚ وَمِنَ ٱلۡجِبَالِ جُدَدُۢ بِيضٌ۬ وَحُمۡرٌ۬ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٲنُہَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ۬ (٢٧) وَمِنَ ٱلنَّاسِ وَٱلدَّوَآبِّ وَٱلۡأَنۡعَـٰمِ مُخۡتَلِفٌ أَلۡوَٲنُهُ ۥ كَذَٲلِكَۗ إِنَّمَا يَخۡشَى ٱللَّهَ مِنۡ عِبَادِهِ ٱلۡعُلَمَـٰٓؤُاْۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ (٢٨)

Tidakkah kalian melihat bahwa Allah mencurahkan air dari langit, dan dengannya Ia menumbuhkan buah-buahan beraneka jenis? Di pegunungan, terdapat lapisan-lapisan merah dan putih, bayang-bayang yang beranekaragam, dan batu-batu hitam legam. Manusia dan hewan, serta ternak, juga beraneka warna. Hanya pelayanNya yang berpengetahuan yang takut kepada Allah. Allah adalah Yang Maha Kuasa, Maha Memaafkan (Surat Fatir: 27-28).


Download Buku Pegangan Guru dan Siswa SMA/SMK Kelas X (sepuluh) Kurikulum 2013 Terbaru

Silahkan Download Buku Pegangan Guru dan Siswa di Bawah Ini Yang Kami himpun dari berbagai sumber. Jangan Lupa Komentar. Salam EDUKASIONER!

Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 7 (tujuh)
  1. Buku Matematika (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  2. Buku Bahasa Indonesia (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  3. Buku Sejarah Indonesia (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)

Download Buku Pegangan Guru dan Siswa SMP/MTS Kelas 7 (tujuh) Kurikulum 2013 Terbaru

Silahkan Download Buku Pegangan Guru dan Siswa di Bawah Ini Yang Kami himpun dari berbagai sumber. Jangan Lupa Komentar. Salam EDUKASIONER!

Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 7 (tujuh)
  1. Buku IPA (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  2. Buku PPKn (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  3. Buku IPS (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  4. Buku SenBud (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  5. Buku PenjasOrkes(Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  6. Buku Bahasa Indonesia (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  7. Buku Bahasa Inggris (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  8. Buku Pendidikan Agama Islam (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  9. Buku Pendidikan Agama Kristen (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  10. Buku Pendidikan Agama Katholik (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  11. Buku Pendidikan Agama Hindu (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  12. Buku Pendidikan Agama Budha (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)
  13. Buku Pendidikan Agama Kong Hu Tsu (Pegangan Guru - Pegangan Siswa)

Download Contoh RPP dan Silabus Tematik Kurikulum 2013



Kurikulum 2013 Insya Allah akan diberlakukan secara bertahap mulai tahun ajaran ini. di bawah ini dapat di download Draf Kurikulum 2013 untuk semua tingkatan. bila ada pembaharuan akan kami posting selanjutnya. Salam Edukasioner

      Contoh RPP Kurikulum 2013

    Contoh RPP kelas 4 SD kurikulum 2013
    Contoh RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013
 
    Silabus Tematik Kurikulum 2013

    SILABUS  TEMATIK KELAS 1
    SILABUS  TEMATIK KELAS 2
    SILABUS  TEMATIK KELAS 3
    SILABUS  TEMATIK KELAS 4
    SILABUS  TEMATIK KELAS 5
    SILABUS  TEMATIK KELAS 6


       
     Contoh Silabus dan RPP IPA Kurikulum 2013 

Download Buku Pegangan Guru dan Siswa SD/MI Kelas 1 dan 4 Kurikulum 2013 Terbaru

Silahkan di Download Buku Pegangan Guru dan Siswa Kurikulum 2013 di bawah ini. Untuk mendownload, ikuti langkah langkah berikut :
  1. Pilih File
  2. Tunggu Sebentar. Jika Ada Tulisan CONTINUE Klik saja
  3. Klik SKIP AD dipojok kanan atas.
  4. Selesai.
     Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 1 SD
  1. Pendidikan Agama ISLAM  dan BUDI PEKERTI (Pegangan Guru, Pegangan Siswa
  2. Pendidikan Agama  HINDU (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  3. Pendidikan Agama  BUDHA (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  4. Pendidikan Agama  KATOLIK  (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  5. Pendidikan Agama  KONG HU TSU (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  6. Pendidikan Agama  KRISTEN (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  7. Tema 1 Diriku  (Pegangan Guru, Pegangan Siswa
  8. Tema 2 Kegemaranku (Pegangan Guru, Pegangan Siswa
  9. Tema 3 Kegiatanku (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  10. Tema 4 Keluargaku (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
    Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 4 SD
  1. Pendidikan Agama ISLAM  dan BUDI PEKERTI (Pegangan Guru, Pegangan Siswa
  2. Pendidikan Agama  HINDU (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  3. Pendidikan Agama  BUDHA (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  4. Pendidikan Agama  KATOLIK  (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  5. Pendidikan Agama  KONG HU TSU (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  6. Pendidikan Agama  KRISTEN (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  7. Tema 1 Indahnya Kebersamaan (Pegangan Guru, Pegangan Siswa
  8. Tema 2 Selalu Berhemat Energi (Pegangan Guru, Pegangan Siswa
  9. Tema 3 Peduli Terhadap Mahluk Hidup (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)
  10. Tema 4 Berbagai Pekerjaan (Pegangan Guru, Pegangan Siswa)

Lain-Lain

Dalam Proses

Kumpulan Software Islami

Dalam Proses

Kumpulan Software Pendidikan

Dalam Proses

Link Sahabat EDUKASIONER

Dalam Proses

BLOGGERPEDIA : Baca Kumpulan Tulisanku Di Kompasiana

Kategori Headlines

Trending Articles

Aktual

Inspiratif

Bermanfaat

Menarik

Highligt Atau Bacaan Terpilih

FREEZ : Kompas Cetak

Tidak Masuk Kategori

DOWNLOAD BUKU PAKET KURIKULUM 2013

DOWNLOAD KISI-KISI PLPG TAHUN 2013

CHANNEL 5

CHANNEL 4

CHANNEL 3

Silahkan Pelajari Arsip Flash Di Bawah Ini Yang Kami Rangkum Dari Berbagai Sumber ~ Erwin Alwazir
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Belajar Mengajar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger